Friday, December 29, 2006

Umpatan...

Hal yang sangat jarang keluar dari mulutku adalah umpatan. Namun, entah kenapa hari ini kata-kata tak enak didengar sering dilafalkan lidahku. Ada beberapa hal yang membuat hal itu terjadi. Pertama, jelas koneksi internet yang bermasalah. Namun setelah mendengar causa prima dari hal itu, lidahku pun langsung kelu. Sebab, penyebab semua itu adalah gempa yang mengguncangkan Taiwan. Kebetulan. koneksi internet dari negeri ini berpusat ke negara itu. Adalah tidak etis apabila saya membiarkan mulut ini mengumpat sementara warga di negara yang dulu bernama Formosa itu larut dalam kepahitan. Empatilah yang seharusnya kuberikan.
Kedua, deadline yang tak kunjung kelar. Mengingat saya bekerja dengan menempatkan internet sebagai panduan utama, sungguh pusing apabila dikejar situasi deadline. Untung saja, kami bisa mengambil putusan penting dengan memanfaatkan bahan yang tersedia untuk diolah menjadi sebuah artikel untuk memanjakan pembaca.
Ketiga, hubungan interpersonal yang buruk. Adalah wajar apabila dengan situasi dan tuntutan kerja seperti yang saya alami, kemampuan otak kanan lebih dioptimalkan. Dan, kemampuan mengapresiasi itu sangat terkait erat dengan suasana hati ini. Jika bagus, insya Allah bagus jualah outputnya. Vice versa.
Hari ini, situasi hatiku sedikit tak nyaman. Koneksi internet hanyalah penyebab kecil. Causa majornya adalah banyak masalah yang perlu segera kupecahkan di luar pekerjaan kantor. Namun ketika masalah hendak diurai, sikapku kadang menjadi lebih sensitif. Hal kecil yang tak sesuai keinginanku, bisa langsung membuatku tak enak hati. Egois memang. Tapi begitulah kenyataannya.
Mungkin ada benarnya jika banyak orang menilai saya mewarisi hati ibuku. Hati yang sangatg sensitif. pemurah, namun juga dinaungi kesabaran yang berlebihan. Saya tak bisa menyalahkan ibu yang telah membesarkanku. Yang jelas, saya sendirilah yang harus menemukan solusinya. Sesuatu yang belum saya temukan hingga saat ini.
Selidik punya selidik, akhirnya saya menemukan alasan penting mengapa bad temper hari ini. "Kampret, flash disk gue ketinggalan waktu nyetak foto..."
(27/12/06)

No comments: