Friday, December 29, 2006

Tujuan bikin blog

Apa jadinya ya jika menulis di blog menggunakan sistem deadline kaya di kantor tempat kerja saya. Jika sudah lewat tenggat redaksi, alamat teguran diterima. Masih untung jika terjadi di siang hari. Kalau terjadi di malam hari, bisa mempengaruhi jam terbit surat kabar.Bayangkan apabila kondisi itu diterapkan bagi orang-orang yang menulis di blog... Hmmm... Bisakah ide keluar? Tentu terasa perbedaannya. Orang yang menulis blog dengan tergesa-gesa karena tenggat waktu hampir habis, tentu tak akan maksimal hasilnya. Tulisan yang dibuat mungkin lebih banyak berdasarkan keterpaksaan lantaran mengejar waktu. Berbicara soal tenggat waktu, jika disuruh memilih, saya akan lebih menjatuhkan pilihan kalau pembuatan artikel di redaksi yang dibikin deadline. Mengapa? Bagi saya, mengisi di blog ternyata lebih sulit dibandingkan menulis sebuah artikel. Lha wong saya orangnya introvert. Beda apabila saya harus disuruh menulis bola. Selain memang hobi, toh saya mendapat nafkah dari situ. Terus jika ada pertanyaan, "Ngapain loe bikin blog kalo gitu?" Nah, jujur aja, kalo ada yang nanya seperti itu, saya mungkin akan garuk-garuk kepala yang tidak gatal dan maksimal nyengir kuda. Sampai saya menulis tulisan ini, saya belum tahu, apa tujuan saya membuat blog. Anggap saja, saya hanya ingin gaya-gayaan - gaya yang sudah terlambat tentunya - dan mengikuti orang-orang. Maaf, sebagian kecil orang-orang. Dari beberapa blog yang saya baca, khususnya yang berisi tentang cerita kehidupan pribadi masing-masing penulis, saya mempunyai anggapan dini. Mereka yang menulis itu mungkin adalah orang yang sulit mengungkapkan isi hatinya lantaran tak punya orang terdekat yang bisa dipercaya untuk sekadar berbagi cerita. Atau anggapan kedua, mereka adalah orang yang ekstrovert sehingga ingin kehidupan pribadinya diketahui orang lain. Asumsi ketiga, mereka itu adalah yang ingin berlagak menjadi orang terkenal. Hmmm... sebagian besar artis saja tak ingin kehidupan pribadinya dikorek. Ini malah mengumbar cerita via dunia maya. Kalau mau tahu kehidupan pribadi kan tinggal ketik REG (Spasi) NAMA dan kirim ke nomor ponsel orang yang ingin diketahui kegiatannya. Lebih simpel lagi, tanya aja, "Ngapain aja loe hari ini?"Tapi, saya mengeneralisir semua orang yang menulis di blog seperti itu loh... Itu kan hanya sebuah asumsi dini yang masih bisa diperdebatkan. Lain halnya jika itu menjadi sebuah axioma. Jelas itu menunjukkan siapa diri kita sebenarnya.
(21/11/06)

1 comment:

@beradadisini said...

selamat 'gaya-gayaan', yah, Kang hihihihihi