Sunday, December 9, 2007

Gentza Manah Wirabuana


Alhamdulillah...
Akhirnya putra pertama kami lahir sesuai dengan waktu perkiraan dr. Udin Sabarudin, SpOG.
Pada Selasa, 27 November 2007 atau bertepatan dengan 17 Dzulqaidah 1428 H pukul 14.40 WIB, istri saya melahirkan putra pertama kami di RSIA Tedja, Bandung.
Setelah menahan mules - sejak pertama kali merasakan pada pukul 03.30 WIB - istri saya berhasil melahirkan secara normal bayi laki-laki dengan panjang 50 cm dan berat 3,5 kg.

Bayi itu kemudian kami beri nama Gentza Manah Wirabuana. Sesuai perjanjian dengan para saudara sepupu satu klan, kami memang sepakat untuk memberi nama anak dengan menggunakan kata yang berawalan huruf G. Kata Gentza sendiri saya ambil dari bahasa Basque - salah satu suku bangsa di Spanyol selain Andalusia dan Katalan - yang mempunyai arti kedamaian.

Kata kedua kami ambil dari bahasa Sunda. Dan memang sudah keinginan saya pribadi untuk menggunakan bahasa ibu pada salah satu unsur nama dari anak kami. Manah sendiri berarti hati.

Sementara, unsur nama ketiga berasal dari bahasa sansekerta. Asalnya saya akan menggunakan nama Jagadditha yang berarti mensejahterakan dunia. Namun, istri saya mengatakan agar nama ketiga mempunyai padanan dengan nama ayahnya. Maka dipilihlah penggalan Wira yang diambil dari nama ketiga saya Wirajati. Dan, buana merupakan padanan dari kata dunia. Sedangkan Wira berarti perwira atau laki-laki yang mempunyai sifat ksatria dan berguna.

Jadi, secara keseluruhan, arti nama putra pertama saya itu bisa diartikan Laki-laki yang memberikan kedamaian di hati dan berguna bagi dunia. Itulah doa kami bagi putra pertama kami. Amin...

2 comments:

Anonymous said...

wah seru ya kalo puya anak.. pasti perasaannya campur aduk...pasti happy banget... KJ congretz ya.. udah ada beibi.. semoga Gentza jadi anak sholehah...AMIEN..

Anonymous said...

maksud inon sholeh.. maap salah ketik..